Minggu, 05 Desember 2010

SINOPSIS FILM GRIDIRON GANG

SINOPSIS

Film ini merupakan kisah nyata yang menceritakan tentang beragamnya kenakalan remaja yang di sadari ataupun tidak, sering terjadi di sekitar kita. Misalnya saja melakukan kejahatan, menyakiti perasaan orang lain, datang ke pesta dalam keadaan mabuk, dan konsumsi ataupun pengedar narkoba. Para remaja yang masuk dalam kategori di atas ini di masukkan kedalam tempat khusus yang di sebut dengan Camp Kilpatrick di Los Angles. Camp Kilpatrick adalah sebuah penjara khusus untuk menangani kenakalan remaja.
Diawali dengan perkelahian antara gang yang terjadi, diantaranya adalah gang 95 dan gang 88. Dimana remajanya adalah pelaku criminal. Pada suatu malam, Roger Weaters memukuli teman di penjara pada saat semua penghuni sedang tertidur. Akhirnya Roger di masukkan ke dalam kotak (ruang isolasi).
Keluarnya Roger dari Camp Kilpatrick (gang 88) menjadikan mangsa bagi gang 95. Ketika Roger, Willie, dan Dawayne sedang berjalan-jalan, gang 95 menyerang dan membunuh Roger. Lalu Willie membalaskan dendamnya dengan cara mengobrak-abrik gang 95.
Sesampainya Willie di rumah, ia mendapati ibunya dalam keadaan babak belur. Willie menembak mati ayahnya karena geram melihat ibu dan adiknya yang terus disakiti oleh ayahnya.
Willie Weaters masuk ke dalam Camp Kilpatrick. Dalam Camp Kilpatrick Willie berjumpa dengan Kelvin (gang 95). Aura balas dendam antara Willie (gang 88) dan Kelvin (gang 95) kembali memuncak. Sampai pada saat Sean (pendiri tim futbol di Camp Kilpatrick) membentuk Mustang (nama tim futbal di Camp Kilpatrick), permusuhan antara gang 88 dan gang 95 terus berlanjut hingga pertandingan-pertandingan futbol yang berlangsung cukup panjang. Sean, yang mengetahui tidak adanya ke kompakkan di dalam tim mendekati para anggota satu per satu dari hati ke hati. Setelah Sean tahu duduk perkara dari tiap masing-masing anggota tim, lantas Sean berusaha untuk membantu dan mencari jalan keluarnya.
Pertandingan pertama yang di lakukan oleh mustang, mengalami kekalahan. Hal ini yang membuat mustang menjadi tambah kecewa dan ingin berhenti dari tim. Dan menurut Dexter (ketua Camp Kilpatrick) tim futbol ini akan di tutup. Namun tanpa di sangka, mustang kembali memunculkan semangatnya untuk terus melanjutkan latihan dan tetap mengikuti sembilan pertandingan lainnya.
Film ini benar-benar film yang sangat bagus di tonton untuk semua usia. Film ini mengajarkan bagaimana cara kita dalam menghargai hidup, bagaimana cara kita untuk saling menghormati, dan bagaimana pandangan orang-orang mengenai seorang narapidana yang terus berjuang untuk hidupnya, serta film ini juga memberikan pelajaran tentang cinta… baik cinta terhadap orang yang lebih tua, keluarga, sahabat, dan pasangan.


TEORI

Remaja berasal dari kata latin adolensence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Istilah adolensence mempunyai arti yang lebih luas lagi yang mencakup kematangan mental, emosional sosial dan fisik (Hurlock, 1992). Remaja sebenarnya tidak mempunyai tempat yang jelas karena tidak termasuk golongan anak tetapi tidak juga golongan dewasa atau tua. Seperti yang dikemukakan oleh Calon (dalam Monks, dkk 1994) bahwa masa remaja menunjukkan dengan jelas sifat transisi atau peralihan karena remaja belum memperoleh status dewasa dan tidak lagi memiliki status anak. Menurut Sri Rumini & Siti Sundari (2004: 53) masa remaja adalah peralihan dari masa anak dengan masa dewasa yang mengalami perkembangan semua aspek/ fungsi untuk memasuki masa dewasa. Masa remaja berlangsung antara umur 12 tahun sampai dengan 21 tahun bagi wanita dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun bagi pria. Sedangkan menurut Zakiah Darajat (1990: 23) remaja adalah:
masa peralihan diantara masa kanak-kanak dan dewasa. Dalam masa ini anak mengalami masa pertumbuhan dan masa perkembangan fisiknya maupun perkembangan psikisnya. Mereka bukanlah anak-anak baik bentuk badan ataupun cara berfikir atau bertindak, tetapi bukan pula orang dewasa yang telah matang.
Hal senada diungkapkan oleh Santrock (2003: 26) bahwa remaja (adolescene) diartikan sebagai masa perkembangan transisi antara masa anak dan masa dewasa yang mencakup perubahan biologis, kognitif, dan sosial-emosional.
Batasan usia remaja yang umum digunakan oleh para ahli adalah antara 12 hingga 21 tahun. Rentang waktu usia remaja ini biasanya dibedakan atas tiga, yaitu 12 – 15 tahun = masa remaja awal, 15 – 18 tahun = masa remaja pertengahan, dan 18 – 21 tahun = masa remaja akhir.  Tetapi Monks, Knoers, dan Haditono membedakan masa remaja menjadi empat bagian, yaitu masa pra-remaja 10 – 12 tahun, masa remaja awal 12 – 15 tahun, masa remaja pertengahan 15 – 18 tahun, dan masa remaja akhir 18 – 21 tahun (Deswita, 2006:  192)
Definisi yang dipaparkan oleh Sri Rumini & Siti Sundari, Zakiah Darajat, dan Santrock tersebut menggambarkan bahwa masa remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak dengan masa dewasa dengan rentang usia antara 12-22 tahun, dimana pada masa tersebut terjadi proses pematangan baik itu pematangan fisik, maupun psikologis.


ANALISA

Menurut penulis, dalam film tersebut, hal yang paling memegang peranan penting adalah diri sendiri dan peran orang tua. Orang tua disini sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kehidupan seorang remaja. Hubungan interaksi antara anak dan orang tua sangat mempengaruhi proses interaksi antara remaja dengan orang luar (teman). Apabila dalam hubungan remaja dengan orang tua di rasa kurang intim, maka remaja akan menjadi kan hubungan dengan orang tua sebagai modeling bagi anak untuk bagaimana seharusnya anak bersikap. Namun semuanya kembali lagi kepada diri remaja itu sendiri, apakah remaja itu dapat memilih dan mempertahankan serta membina hubungan yang baik atau bahkan sebaliknya. Mempertahan kan dan membina hubungan yang baik ini merupakan salah satu dari tugas perkembangan remaja yang harus di capai.

Tugas Perkembangan Remaja

Ada pun tugas-tugas pada perkembangan remaja adalah mencapai hubungan yang baru dan lebih masak dengan teman sebaya baik sesama jenis maupun lawan jenis,  mencapai peran sosial maskulin dan feminin,   menerima keadaan fisik dan dapat mempergunakannya secara efektif,  mencapai kemandirian secara emosional dari orangtua dan orang dewasa lainnya, mencapai kepastian untuk mandiri secara ekonomi, memilih pekerjaan dan mempersiapkan diri untuk bekerja,  mempersiapkan diri untuk memasuki perkawinan dan kehidupan keluargamengembangkan kemampuan dan konsep-konsep intelektual untuk tercapainya kompetensi sebagai warga negara, menginginkan dan mencapai perilaku yang dapat dipertanggungjawabkan secara sosial, memperoleh rangkaian sistem nilai dan etika sebagai pedoman perilaku (Havighurst dalam Hurlock, 1973).
Faktanya, tidak semua remaja dapat melewati dan menjalani tugas perkembangan tersebut dengan baik. Tidak dapatnya remaja dalam menjalankan tugas-tugas perkembangannya inilah yang memicu munculnya permasalahan serta kenakalan pada remaja tersebut. 

Perkembangan Kognitif,
Adapun strategi untuk meningkatkan kreativitas pada remaja adalah
1. Melibatkan remaja dalam brainstrorming dan mengemukakan ide sebanyak mungkin (seperti pada film, yaitu ketika membuat strategi futbol dalam menghadapi musuh saat pertandingan futbol. Para remaja saling memberikan ide dan berusaha sekeras mungkin untuk menang).
2. Menyediakan lingkungan yang dapat menstimulasi kreativitas remaja (yaitu seperti yang di lakukan oleh Sean sebagai mediatior dalam membantu tim futbol untuk memenuhi segala kebutuhan tim, di mulai dari fasiitas lapangan untuk latihan, peralatan untuk pertandingan, sampai lawan yang akan di hadapi).
3. Tidak mengontrol secara berlebihan (yaitu ketika Sean berlaku sebagai pelatih, Sean tidak pernah melakukan "pemaksaan" terhadap tim nya. Sean hanya memberikan motivasi dan terus memberikan dorongan positif yang membangkitkan semangat tim nya).
4. Mendorong motivasi internal (yaitu ketika Sean mulai mengetahui ada konflik dalam timnya, Sean mlai menjalin hubungan internal dengan masing-masing anggota timnya, dan berusaha mencari jalan keluar atas permasalahan yang di hadapi).
5. Role Model (Pada saat Sean bertukar peran, Sean juga bertindak sebagai "pemain" bukan pelatih, pada saat Sean menumbuhkan kepercayaan diri Willie).



 


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

4 komentar:

Love, Lover, Lovely mengatakan...

Analisis cukup komprehensif melihat dari banyak sisi, namun ada juga kelamahannya karena menjadi tidak fokus apa yang sebenarnya ingin dibahas..kreatifitaskah..tugas perkembangankah atau lingkungan sosial mana yang paling mempengaruhi remaja...

Putri Patricia mengatakan...

Makasih min buat sinopsisnya

Nonton film gratis -> www.nontonfilmgratis.com

Unknown mengatakan...

untuk yang Havighurst dalam Hurlock, 1973 sama yang perkembangan kognitif boleh minta daftar pustaka/referensinya ga? untuk tugas kuliah. makasih.

barbaraabbott mengatakan...

Slot Machines at Wazdan - Mapyro
Slot Machines at Wazdan. Mapyro. Find your perfect location with a 경기도 출장샵 map, search 통영 출장마사지 the 삼척 출장마사지 top casino and slots games, and choose the 평택 출장샵 location to 제천 출장샵 go

Posting Komentar